ESSAY

Writer / NIM
AHMAD ASSEL / 411408003
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Advisor 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstract
ABSTRAK Ahmad Assel. 2012. Analisis Pemahaman Konsep Persamaan Linear Satu Variabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Gorontalo Tahun palajaran 2011/2012. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Ali Kaku, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Yamin Iamail, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan siswa kurang memahami penyelesaian soal matematika terutama pada persamaan linear satu variabel, tipe soal yang kurang di pahami siswa, dan hal-hal yang perlu diperbaiki agar siswa mudah menyelesaikan soal persamaan linear satu variabel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 kota gorontalo tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 380 orang siswa dan sampel sebanyak 38 orang siswa. Dalam rangka pengumpulan data, langkah awal yang di gunakan yaitu pemberian tes. Hasil tes yang diperoleh untuk melihat kurangnya pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal-sola matematika khususnya pada persamaan linear satu variabel. Langkah selanjutnya yaitu memilih 3 orang subjek penelitian yang telah dikelompokan kedalam tiga kelompok yaitu kelompok atas, kelompok sedang, kelompok bawah berdasarkan skor yang diperoleh. Berdasarkan hasil pekerjaan subjek, ketiga subjek penelitian tersebut diwawancara untuk menjaring imformasi yang mendalam dan sebanyak-banyaknyanya tentang pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal persamaan linear satu variabel. Berdasarkan analisis terhadap kemampuan siswa saat tes maupun wawancara masih rendah atau sekitar 63,15%, maka terdapat beberapa faktor yang perlu dipahami dalam mengenal, menyelesaikan dan memecahkan soal-soal yang berbentuk persamaan linear satu variabel yaitu kemampuan siswa dalam memahami soal, kemampuan dalam menyusun penyelesaian, kemampuan dalam melakukan penyelesaian dan kemampuan mengecek kembali dan menyimpulkan. Untuk meminimalkan kurangnya pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal matematika khususnya pada persamaan linear satu variabel, siswa senantiasa dibiasakan untuk melakukan banyak latihan mengerjakan berbagai bentuk soal persamaan linear satu variabel. Kata Kunci : Pemahaman konsep persamaan linear satu variabel
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011