ESSAY

Writer / NIM
ASRIYANI DIYAYI / 411408011
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs. HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Advisor 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstract
Asriyani Diyayi, 2012. Hubungan Kemandirian Belajar dan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X (Suatu Penelitian di MA AL Falah Limboto Barat). Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Prof. Dr. H. Hamzah B. Uno, M.Pd, (2) Hj. Novianita Achmad, S. Si, M. Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan korelasional melalui survey lapangan. Adapun tehknik pengumpulan data adalah melalui angket dan tes hasil belajar. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Sampel penelitian sebanyak 55 siswa atau seluruh siswa kelas X di MA AL Falah Limboto Barat. Hasil pengujian menunjukkan bahwa (a) Terdapat hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,509; (b) Terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,298; (c) Terdapat hubungan kemandirian belajar dengan kecerdasan emosional siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,425; (d) Terdapat hubungan kemandirian belajar dan kecerdasan emosional siswa secara bersama dengan hasil belajar matematika siswa dengan nilai korelasi gandanya sebesar 0,517 serta signifikan yang dilihat pada nilai Fhitung sebesar 9,485. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011