ESSAY

Writer / NIM
DESSY DELVIANA BUDIMAN / 411408017
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Advisor 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstract
ABSTRAK DESSY DELVIANA BUDIMAN. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Konstruktivis Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga Biru). Skripsi.Jurusan pendidikan matematika, Fakultas Matematika dan ilmu pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo 2012. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan pembelajaran konstruktivis lebih efektif daripada pembelaran konvensional pada materi Bangun Ruang terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga Biru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas pendekatan pembelajaran konstruktivis pada materi Bangun Ruang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 12 mei 2012 sampai dengan tanggal 21 mei 2012 bertempat di SMP Negeri 2 Telaga Biru. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga Biru tahun ajaran 2011/2012, sampelnya adalah siswa kelas VIII1 DAN VIII3 yang diperoleh melalui tahap penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen secara random. Instrumen penelitian berupa soal essay tes sebanyak 8 nomor yang dilaksanakan setelah perlakuan, kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah “Pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan pembelajaran konstruktivis lebih efektif daripada pembelajaran matematika dengan menerapkan pembelajaran konvensional dalam pencapaian hasil belajar pada materi bangun ruang”. Untuk mengetahui pengujian hipotesis ini maka langkah awal yang dilakukan adalah pengujian homogenitas, setelah diketahui data berasal dari populasi yang homogen. Maka langkah selanjutnya adalah uji normalitas data, setelah diketahui data berdistribusi normal maka kita dapat menggunakan uji statistik parametrik. Selanjutnya kita dapat menggunakan uji t dengan kriteria pengujian Terima jika hitung dimana Dari penelitian ini diperoleh nilai sehingga dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima atau dengan kata lain hipotesis diterima yaitu penerapan pendekatan pembelajaran konstruktivis lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional dalam mengajarkan materi bangun ruang pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga Biru Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran Konstrukivis, Hasil belajar siswa, Bangun Ruang
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011