ESSAY

Writer / NIM
DEVI OLIVIA PODUNGGE / 411408018
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Advisor 2 / NIDN
USMAN GANI / 0022065509
Abstract
ABSTRAK Devi Olivia Podungee. Nim: 411 408 018. “Deskripsi Pelaksanaan Lesson Study Pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Menengah Tingkat Atas Kabupaten Gorntalo“. Sebagai Pembimbing I: Drs. Franky A. Oroh, M.Si dan Sebagai Pembimbing II: Drs. Usman Gani Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan seperti apa penerapan Lesson Study serta pelaksanaannya pada mata pelajaran matematika di sekolah menengah tingkat atas yang ada di kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif kualitatif, dengan menggunakan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian mengemukakan bahwa untuk penerapan Lesson Study di sekolah-sekolah menengah tingkat atas Kabupaten Gorontalo belum begitu optimal. Dari 10 sekolah yang dijadikan subjek penelitian ternyata hanya 4 sekolah yang telah menerapkan Lesson Study. Sementara untuk pelaksanaannya pada mata pelajaran matematika sendiri baru dailakukan oleh satu sekolah. Pelaksanaan Lesson Study untuk mata pelajaran matematika sudah sesuai dengan prosedur yang ada. Mulai dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, hingga refleksi telah dilakukan dengan baik sesuai dengan teori-teori yang mendukung. Namun Peningkatan hasil belajar siswa pada pelaksanaan Lesson Study tidak begitu signifikan. Guru menganggap kegiatan tersebut tidak memiliki perngaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa sehingga Lesson Study jarang dilakukan. Kata kunci : Lesson Study, Mata pelajaran matematika
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011