ESSAY

Writer / NIM
DINNY MUKTI RAHMAHWATI / 411408020
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Advisor 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstract
ABSTRAK Dinny Mukti Rahmahwati. 2015. Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Telaga (Suatu Penelitian pada Siswa kelas XI Ilmu Alam di SMA Negeri 1Telaga). SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (I) Drs. Frangky A. Oroh, M.Si, (II) Drs. Majid M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif numbered heads together dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran direct interaction, pada materi rumus trigonometri dan penggunaanya. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas XI Ilmu Alam di SMA Negeri 1 Telaga Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 167 orang dan tersebar dalam 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak. Kemudian, dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil random, kelas XI IA 1 terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model kooperatif numbered heads together sedangkan kelas XI IA 5 sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran pembelajaran direct interaction. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar. Data yang didapatkan kemudian di analisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui data hasil belajar siswa yang dianalisis melalui tabel dengan mempresentasekan rata-rata. Sedangkan analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model kooperatif numbered heads together lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran direct interaction, dan model kooperatif numbered heads together efektif dalam mengajarkan materi rumus trigonometri dan penggunaanya. Kata Kunci : Model Kooperatif Numbered Heads Together, Hasil Belajar, Menurunkan Rumus Trigonometri dan Penggunaannya
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011