ESSAY

Writer / NIM
FATMAWATI RAIS DULAH / 411408027
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Advisor 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstract
ABSTRAK Fatmawati, 2012. Deskripsi Konsep Diri Siwa Kelas V SDIT Lukmanul Hakim Tahun Pelajaran 2011-2012). Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd, (2) Drs. Yamin Ismail, M.Pd. Kata kunci: Konsep diri Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep diri yang dimiliki siswa kelas V SDIT Lukmanul Hakim dalam pembelajaran matematika.. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDIT Lukmanul Hakim sebanyak 20 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Population Sampling yaitu dengan mengambil seluruh populasi sebanyak 20 orang. Dat penelitian dikumpul melalui angket yang disusun dengan skala 4 (empat). Analisis data penelitian ini dilakukan secara analisis deskriptif dan analisis inferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan uji-t satu sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lebih dari 60% siswa kelas V SDIT Lukmanul Hakim memiliki konsep diri positif dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil temuan, maka disarankan kepada guru Hendaknya lebih memperhatikan konsep diri siswa, karena dengan konsep diri yang dimiliki siswa maka akan berpengaruh terhadap tanggapan siswa dalam pelajaran matematika. Hal ini dapat dibantu dengan sistem bimbingan dan pengajaran dari pihak akademis. Selain kepada guru, siswa juga hendaknya berusaha memperbaiki konsep diri yang ada pada dirinya. Tingkat konsep diri siswa dapat dikembangkan dengan melatih dan membiasakan diri untuk memahami dan mengenal diri
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011