ESSAY

Writer / NIM
FEBRIAN WULANDARI BUKA / 411408029
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Advisor 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstract
ABSTRAK Febrian Wulandari Buka, “Hubungan Kemandirian Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri 8 Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif antara kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar Matematika, sehingga peneliti merumuskan hipotesis, “terdapat hubungan yang positif antara kemandirian siswa dengan hasil belajar Matematika di SMP Negeri 8 Gorontalo”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 8 Gorontalo dan sampel berjumlah 65 siswa yang dipilih secara acak. Penelitian ini menggunakan metode survey korelasional dengan analisis deskriptif dan korelasional. Instrumen penelitian yakni angket dan hasil ujian semester genap mata pelajaran Matematika. Data hasil penelitian ini setelah diuji kenormalan data dengan menggunakan uji Liliefors memperoleh L0 < Ltabel, yaitu 0,095 < 0,110 yang berarti data berdistribusi normal. Untuk analisis regresi dan korelasi dilakukan dengan menguji keberartian dan linieritas dari persamaan regresi ? = 17,6197+0,7749X. Persamaan regresi dinyatakan berarti (signifikan) oleh Fhitung > Ftabel yaitu 179,27 > 7,06(? = 1%) > 3,99(? = 5%) dan dinyatakan linier oleh Fhitung > Ftabel yaitu 4,26 > 2,28(? = 1%) > 1,79(? = 5%) serta koefisien korelasi r yaitu 0,8602. Koefisien determinasi r2 yang diperoleh 0,74 menunjukkan 74% hasil belajar Matematika dipengaruhi oleh kemandirian belajar siswa, sedangkan 26% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil pengujian koefisien korelasi memperoleh thitung > ttabel yaitu 13,389 > 2,658(? = 1%) > 1,999(? = 5%). Dari analisis yang dilakukan maka hipotesis penelitian ”terdapat hubungan yang positif antara kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar Matematika di SMP Negeri 8 Gorontalo” dinyatakan diterima dengan taraf kesalahan 1% dan 5%.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011