ESSAY

Writer / NIM
HASNA DAIM / 411408038
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs KARIM NAKII, M.Pd / 0005016304
Advisor 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstract
ABSTRAK Hasna Daim. Penerapan Media Audio-Visual pada operasi hitung pecahan kelas V SD (Suatu Penelitian pada siswa kelas V SD di SDN 1 Iluta dan SDN 2 Barakati). SKRIPSI.Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo 2012. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan Media audio-visual dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan Media pembelajaran konvensional, pada pokok bahasan operasi hitung pecahan kelas V SD. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Gugus Dua kecamatan Batudaa, tahun pelajaran 2011/2012 pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Dari populasi ini diambil 2 sekolah dan ditentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. Berdasarkan teknik tersebut kelas V SDN 1 Iluta terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan Media pembelajaran audio-visual sedangkan kelas V SDN 2 Barakati sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar. Tes diberikan kepada siswa yang berada dikelas eksperimen dan kontrol. Data hasil belajar kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui tabel dengan mempresentasikan rata-rata dan analisis inferensial dilakukan dengan menggunkan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan media pembelajaran audio-visual lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, pada materi operasi hitung pecahan. Kata Kunci: Media Audio-Visual, Pembelajaran Konvensional,Hasil Belajar Siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011