ESSAY

Writer / NIM
KURNIA EKAWATI BOKINGS / 411408051
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Advisor 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstract
Bokings, Kurnia Ekawati. 2014. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Lingkaran Di SMP Negeri 1 Kabila. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dr. Tedy Machmud, M.Pd. Drs. Franky A. Oroh, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 216 orang dan tersebar dalam 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak. Kemudian, dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil random, kelas VIII C terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model problem based learning sedangkan kelas VIIIB sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk essay. Data yang didapatkan kemudian di analisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui data hasil kemampuan pemecahan masalah matematis dalam besaran-besaran statistik seperti rata-rata (mean), nilai tengah (median), nilai yang paling banyak muncul (modus), simpangan baku (standar deviasi), dan menggambarkannya dalam bentuk tabel distribusi frekuensi histogram. Sedangkan analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan uji ANAKOVA untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa F0 = 6,172 > Ftabel = 4,04 artinya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model problem based learning lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional". Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011