ESSAY

Writer / NIM
MARIO ALRTER RONDONUWU / 411408056
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Advisor 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstract
ABSTRAK Mario Alter Rondonuwu, NIM. 411408056. “PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. (SUATU PENELITIAN PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 GORONTALO)”. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi dimensi tiga. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMA Negeri 2 Gorontalo pada semester kedua untuk tahun pelajaran 2011/2012 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Tekhnik Simple Random Sampling. Dari dua kelas sampel yang terpilih, satu kelas menjadi kelas eksperimen, yaitu kelas yang diajar dengan model pembelajaran talking stick dan satu kelas sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hipotesis penelitian adalah Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran talking stick lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi dimensi tiga. Pengukuran hasil belajar matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Sebelum melakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas data dan homogenitas varians. Hasil pengujian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan sampel berasal dari populasi yang homogen. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = (n1 + n2 – 2). Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran talking stick lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi dimensi tiga. Kata kunci : Model pembelajaran talking stick, Dimensi tiga, Hasil Belajar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011