ESSAY

Writer / NIM
NURHUDA PASISINGI / 411408076
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Advisor 2 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Abstract
ABSTRAK Nurhuda Pasisingi, NIM. 411408076. “PENGARUH PENERAPAN METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGI EMPAT. (SUATU PENELITIAN PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KABILA)”. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional, pada pokok bahasan keliling dan luas segi empat. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kabila pada semester kedua untuk tahun pelajaran 2011/2012 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kabila. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Tekhnik Cluster Simple Random Sampling. Dari sampel yang terpilih, satu kelas menjadi kelas eksperimen, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri dan satu kelas sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hipotesis penelitian adalah Hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada materi segi empat. Pengukuran hasil belajar matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Analisis data untuk menguji hipotesis pada penelitian ini digunakan uji t. Pengujian menunjukkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional pada materi segi empat. Kata kunci : Metode Inkuiri, Segi Empat, Hasil Belajar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011