ESSAY

Writer / NIM
ORIN SUNGE / 411408081
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs ABAS KALUKU, M.Si / 0014045708
Advisor 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstract
ABSTRAK Orin Sunge, NIM. 411408081. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Segitiga (suatu penelitian pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Atinggola). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dan yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi segitiga pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Atinggola. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Atinggola. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Purposive. Sampel yang dipilih adalah kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 26 orang yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 24 orang yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Data penelitian diperoleh dari instrumet tes hasil belajar berbentuk tes essay dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mendapatkan gambaran umum yang diperoleh melalui daftar distribusi frekuensi dan analisis inferensial digunakan untuk menguji hipotesis. Dalam penelitian ini pengujian hipotesis menggunakan statistik uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci : Numbered Head Together, Konvensional, Hasil Belajar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011