ESSAY

Writer / NIM
PRANSISKA BILONTALO / 411408082
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Advisor 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstract
ABSTRAK Pransiska Bilontalo, NIM. 411408082. "PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DENGAN MEDIA KOMIK PADA POKOK BAHASAN KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG. (KELAS III SD 88 KOTA TENGAH)". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya dengan media komik dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan keliling persegi dan persegi panjang. Penelitian ini dilakukan di SD 88 Kota Tengah pada semester kedua tahun pelajaran 2012/2013 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III 88 Kota Tengah. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Tekhnik Simple Random Sampling. Dari sampel yang terpilih, satu kelas menjadi kelas eksperimen, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya dengan media komik dan satu kelas sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hipotesis penelitian adalah Hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya dengan media komik lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan keliling persegi dan persegi panjang. Pengukuran hasil belajar matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Sebelum melakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas data dan homogenitas varians. Hasil pengujian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan sampel berasal dari populasi yang homogen. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = (n1 + n2 - 2). Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung = 2,3261 > ttabel = 1,684. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya dengan media komik lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan keliling persegi dan persegi panjang. Kata kunci : Metode Tutor Sebaya Dengan Media Komik, Keliling Persegi Dan Persegi Panjang, Hasil Belajar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011