ESSAY

Writer / NIM
RIHARTO A. ASARA / 411408089
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Advisor 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstract
ABSTRAK RIHARTO A. ASARA. Menerapkan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi limas. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo 2012. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012. Siswa yang diberi perlakuan kelas eksperimen berjumlah 32 siswa, sedangkan siswa yang diberi perlakuan kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Masalah pokok dalam penelitian eksperimen ini yakni “ Apakah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada limas “. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran PQ4R lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada materi limas. Untuk mengetahui pengujian hipotesis ini maka langkah awal yang dilakukan adalah pengujian homogenitas, setelah diketahui data berasal dari populasi yang homogen. Maka langkah selanjutnya adalah uji normalitas data, setelah diketahui data berdistribusi normal maka kita dapat menggunakan uji statistik parametrik. Selanjutnya kita dapat menggunakan uji t dengan kriteria pengujian Terima H_0 jika t hitung < t_((dk ; (1-?))) dimana t_((dk ; (1-?))) Dari penelitian ini diperoleh nilai t_hitung=5,637>t_tabel=1,671 sehingga dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima atau dengan kata lain hipotesis diterima yaitu hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran PQ4R lebih tinggi dari siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran PQ4R dan Hasil Belajar Matematika Siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011