ESSAY

Writer / NIM
SRY YULANDA MILE / 411408109
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Advisor 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstract
ABSTRAK SRY YULANDA MILE. 411408109. Skripsi. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan dengan Menggunakan Alat Peraga pada Siswa Kelas IV MIN Dembe II Kota Utara”. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo 2012. Pembimbing I: Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd. Pembimbing II: Drs. Franky Alfrits Oroh, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Dembe II Kota Utara menggunakan alat peraga. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Dembe II Kota Utara yang berjumlah 19 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi (4) Refleksi. Pada tahap berikutnya analisis data dilakukan terhadap hasil observasi dan evaluasi siswa pada tahap akhir siklus. Hasil penelitian pada siklus I, dari 19 orang siswa yang dikenai tindakan terdapat 13 orang siswa (68,42%) yang memperoleh nilai 65 keatas. Persentase keberhasilan keberhasilan siswa pada siklus I ini belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, untuk itu perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Belum tercapainya indikator kinerja, disebabkan kegiatan guru mencapai 86,2% dan aktivitas siswa hanya mencapai 76,0% pada kategori baik dan sangat baik. Berdasarkan kekurangan pada siklus I maka dilaksanakan perbaikan strategi pembelajaran pada siklus II. Ternyata hasil tindakan pada siklus II menunjukan bahwa dari 19 orang siswa yang dikenakan tindakan, 17 orang siswa atau 89,47% memperoleh nilai 65 keatas. Disebabkan kegiatan guru mencapai 93,75% dan aktivitas siswa mencapai 92,9%. Sehingga indikator kinerja yang ditetapkan dipenuhi. Dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis penelitian : “Jika dalam pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, maka hasil belajar siswa akan meningkat”, dapat diterima.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011