ESSAY

Writer / NIM
SULASTRI GOBEL / 411409031
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Advisor 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstract
Sulastri Gobel, NIM 411409031. penpengaruh pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa( suatu penelitian eksperrimen pada kelas VIII di SMP Negeri 10 Gorontalo T.A 2013/2014). Skripsi Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. penelitian ini bertujuan untukmengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi relasi dan fungsi pada siswa kelas VIII SMPN 10 Gorontalo. penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttest Only Control Group Desaign. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Gorontalo tahun pelajaran 2013/2014. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan kontekstuan yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi relasi dan fungsi pada siswa kelas VIII SMPN 10 Gorontalo.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttest Only Control Gorup Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 10 Gorontalo Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Sampel yang terpilih kelas VIII-2 sebagai kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan kelas VIII-1 sebagai kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Data penelitian diperoleh dari instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematika siswa dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk menggetahui gambaran keseluruhan skor siswa yang dibelajarkan dengan melalui pendekatan kontekstual dan pembelajaran konvensional, dan analisis inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Penelitian ini pengujian hipotesis penelitian menggunakan statistik Uji-t dua sampel bebas. Dari hasil analisis data diperoleh kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi relasi dan fungsi. Kata Kunci : Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Berpikir Siswa, Relasi dan Fungsi ABSTRACT Sulastri Gobel, Student's ID 411409031. The Influence of Contextual Approach in Mathematic Learning toward The Ability of Mathematic Critical Thinking. (An experiment research at Class VIII of SMP Negeri 10 Gorontalo ). Skripsi. Gorontalo. Departement of Mathematics Education, Faculty of Mathematis and Natural Sciences, Universitas Negeri Gorontalo. The research aimed to investigate the difference between students' critical thinking ability by using contextual approach and students' critical thinking ability who studied by using conventional learning on relation and function material at class VIII of SMPN 10 Gorontalo. The research was an experiment research by having Posttest Only Control Group Design as the design of research. The population of research was all students of class VIII of SMPN 10 Gorontalo in 2013/2014 academic years. The technique of collecting the sample was Simple Random Sampling. The samples were class VIII-2 as the class which applied the contextual approach and class VIII-1 as the class which applied the conventional learning. The data were collected from test of students' critical thinking ability of mathematic and analyzed by using descriptive and inferential analysis. The descriptive analysis was used to describe all students' score who studied by using contextual approach and by using conventional learning. The inferential analysis was used to test the hypothesis of research. The hypothesis was tested by using statistical t-test two independent samples. The data analysis showed that the students' critical thinking ability of mathematic which studied by applying contextual approach was higher than by applying conventional learning on relation and function material. Keywords: Contextual Approach, Students' Thinking Ability, Relation and Function.
Download files

ARCHIVES

2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011