ESSAY

Writer / NIM
SILVANI DEU / 411409038
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Advisor 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Limboto Barat pada materi Teorema Pythagoras dengan menggunakan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Limboto Barat, yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan atau observasi, dan pemberian tes pada setiap akhir siklus pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian pada Siklus I, didapatkan bahwa hasil analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa mencapai 76,48%, analisis kegiatan guru mencapai 75,86% dan hasil analisis kegiatan siswa mencapai 71,43%. Data tersebut belum mencapai indikator kinerja yang sudah ditetapkan yakni 80%, untuk itu penelitian dilanjutkan pada Siklus II. Berdasarkan hasil penelitian pada Siklus II, analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mencapai 86,83%, analisis kegiatan guru mencapai 88,28%, dan analisis kegiatan siswa mencapai 88,57%. Data yang didapatkan pada Siklus II ini sudah mencapai indikator kinerja yang sudah ditetapkan yakni 80%. Hasil capaian ini diperoleh setelah melakukan beberapa perbaikan dan peningkatan pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing yang dilakukan secara bertahap pada setiap siklus. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa "Jika Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing diterapkan pada pembelajaran materi teorema Pythagoras, maka kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Limboto Barat tahun 2013/2014 dapat meningkat". Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Penemuan Terbimbing
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011