ESSAY

Writer / NIM
FITRIANINGSI PATILIMA / 411409046
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Advisor 2 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Abstract
Fitrianingsi Patilima, NIM. 411409046. "Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. (Suatu Penelitian di SMP Negeri 1 Atinggola)". SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kontekstual (CTL) lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, pada pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 1 Atinggola pada semester pertama untuk tahun pelajaran 2013/2014 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Atinggola. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Cluster Simple Random Sampling. Pengukuran kemampuan pemecahan masalah matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran kontekstual (CTL) lebih baik dari model pembelajaran konvensional, ini dapat dilipat pada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen ((X1) ) = 71,05 dan kelas kontrol ((X2) ) = 61,63. Hal ini juga dapat dibuktikan melalui test dengan taraf nyata 0,05 dan df = 35 menunjukkan thitung>ttabel. Diperoleh thitung= 2,72 untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 2,03, thitung berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolakdan H1 diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif kontektual (CTL), Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok, Kemampuan pemecahan masalah.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011