ESSAY

Writer / NIM
SRI LINDA LUSIANTI / 411409086
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs. HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Advisor 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstract
Sri Linda Lusianti, 2014."Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal- Soal Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Model Pembelajaran berbasis Masalah". Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 10 Gorontalo pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 10 Gorontalo yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri empat komponen, yaitu: Perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan atau observasi dan pemberian tes pada setiap akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus 1 terdapat 21 dari 32 siswa (63%) yang dikenai tindakan memperoleh nilai diatas 70. Persentase keberhasilan siswa pada siklus 1 ini belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, untuk itu perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Belum tercapainya indikator kinerja, disebabkan persentase. Disebabkan Persentase kegiatan guru mencapai 81,4% dan Kegiatan siswa mencapai 80,6% pada kategori baik dan sangat baik. Berdasarkan hasil yang belum mencapai indikator kerja siklus I maka dilaksanakan perbaikan strategi pembelajaran pada siklus II. Hasil menunjukan bahwa 28 dari 32 siswa (87,5%) yang dikenai tindakan, memperoleh nilai diatas 70. Disebabkan persentase kegiatan guru mencapai 91,3% dan kegiatan siswa 88,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada materi Sistem Persamaan linear dua variabel maka kemampuan siswa dalam menyelesaikan Soal-soal pada siswa kelas VIII-1 di SMP Negeri 10 Gorontalo tahun 2013/2014 dapat meningkat". Kata Kunci: Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal, Pembelajaran Berbasis Masalah Sri Linda Lusianti, 2014. ''Increasing Students'Ability in Solving the Exam Problems on System of Two Veriable Equations Linear Material throug Problem Based Learning."Skripsi. Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Gorontalo. The research aimend to increase the students' ability in solving the exam problems on system of two variable equations material through problem based learning. Subjects of research were all students at class VII-1 of SMP Negeri 10 Gorontalo amounted to 14 males and 18 females. The research was held into two cycles which consistent of four stages such as preparation, implementation, observation and analysis and reflection. The techniques of data collection were observation and giving test at the end learning cycle. The result showed that at cycle 1 there were 21 of 32 students (63)% who gained the score more than 70. The result percentage of students'achievement at cycle 1 did not achieve the performannce indicator had not achieved due to the percentage of teachers' activity as 81,4% and the students' activity 80,6% in good and excellent category. The cycle II resulted 28 of 32 students (87,5%) gained the score more than 70. It was caused by the percentae of teachers' activity as 91,3% and students' activity as 88,2%. Thus, it could be concluded that by using problem based learning model on two variables of equations linear system material, the students' ability at class VII-I of SMP Negeri Gorontalo in 2013/2014 academic years in solving the exem problems could increase. Keywords: Ability in Solving The Exam Problems, Problem Based Learning
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011