ESSAY

Writer / NIM
RIRIN PRATIWI A. HUSUNA / 411409092
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Advisor 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstract
ABSTRAK Ririn Pratiwi A. Husuna, NIM. 411 409 092, 2015. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif type Think-Pair-Square Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Lofika Kelas X". Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : 1). Drs. Yamin Ismail, M.Pd, 2) Drs. Majid, M.pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa yang di ajarkan dengan model pembelajaran kooperatif type think-pair-squre lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional, pada pokok bahasan Logika. Penelitian eksperimen ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Batudaa pada semester dua T.A 2013/2014 dengan rancangan Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Batudaa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Cluster Random Sampling, sehingga diperoleh 2 kelas yaitu kelas XA menjadi kelas eksperimen, yaitu kelas yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif type think-pair-square, dan kelas XD sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Analisis data untuk menguji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil pengujian menunjukan bahwa, kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif type think-pair-square lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional, pada materi logika. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif type Think-Pair-Square, Kemampuan Pemecahan Masalah, Logika.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011