ESSAY

Writer / NIM
RAFLIN LANGINDO / 411409121
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Advisor 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstract
ABSTRAK RAFLIN LANGINDO : Efektifitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Ttw (Think, Talk, Write) Pada Pelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar (penelitian yang dilaksanakan di kelas VIII-1 dan VIII-2 SMP N 1 Gorontalo). Skripsi (S1) Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Ali kaku, MPd dan Pembimbing II, Drs. Yamin Ismail, MPd. Penelitian ini merupakan penelitian yang ingin melihat keefektifan dari metode pembelajaran TTW (think, talk, write) ditinjau dari hasil belajar matematika pada materi operasi hitung pada bentuk aljabar dengan cara membandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini didasari oleh karena masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi operasi hitung pada bentuk aljabar. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Gorontalo, dan sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode pengambilan sampel purposive sampling diperoleh kelas VIII-1 sebagai kelas control dan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing sampel berjumlah 30 dan 32. Adapun yang menjadi hipotesis dalam ppenelitian ini adalah " Metode pembelajaran TTW ( think, talk, write) efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional dilihat dari rata-rata hasil belajar dari kedua sampel pada materi operasi hitung pada bentuk aljabar. sebelum melakukan uji hipotesis terlebih dahulu kita melakukan uji homogenitas dan uji normalitas. Setelah kita melakukan pengujian tentang uji homogenitas didapat kedua varians atau sampel homogen. Selanjutnya melakukan pengujian normalitas data apakah kedua sampel berdistribusi normal atau tidak. Dan setelah malakukan pengujian didapat kedua sampel tersebut berdistribusi normal. Karena kedua sampel tersebut berdistribusi normal maka kita dapat melakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji statistic parametric. dalam hal ini kita akan menggunakan uji t dengan taraf siknifikan = 0.05 dan dk = n1 + n2 - 2 diperoleh thitung > ttabel , yang berarti H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran TTW lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional, yang mengindikasikan bahwa metode pembelajaran Think, talk, write efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Efektifitas Metode Pembelajaran TTW (Think, Talk, Write )
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011