ESSAY

Writer / NIM
ANGGRIANY USMAN / 411409122
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs ABAS KALUKU, M.Si / 0014045708
Advisor 2 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Abstract
ABSTRAK Anggriany Usman, NIM. 411409122. "Pengaruh Pendekatan Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Garis dan Sudut. (Suatu Penelitian pada siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Limboto Barat)". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2015 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang di ajarkan menggunakan Resource Based Learning dengan pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada materi Garis dan Sudut. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 2 Limboto Barat pada semester kedua untuk tahun pelajaran 2013/2014 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Limboto Barat. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Sampling jenuh. Kelas VIIB menjadi kelas eksperimen, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Resource Based Leearning dan kelas VIIA sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan tanpa menggunakan pendekatan resource based learning (pembelajaran konvensional) Hipotesis penelitian adalah Hasil belajar siswa yang menggunakan Resource Based Learning (RBL) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Resource Based Learning (pembelajaran konvensional), pada pokok Garis dan Sudut. Pengukuran hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Analisis data untuk menguji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t. Pengujian menunjukkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan resource based learning lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan tanpa pendekatan resource based learning pada materi garis dan sudut. Kata Kunci : Pendekatan Resource Based Learning, Garis dan Sudut, Hasil Belajar Siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011