ESSAY

Writer / NIM
USWATUN HASANAH / 411410001
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Advisor 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstract
ABSTRAK Uswatun Hasanah, NIM. 411410001. "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Suatu Penelitian Pada Materi Luas Permukaan dan Volume Prisma dan Limas Di Kelas VIII Smp Negeri 8 Gorontalo)". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2014. Pembimbing I Drs. Perry Zakaria, M.Pd dan Pembimbing II Dewi Rahmawaty Isa, S.Si, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya dengan siswa yang diajar menggunakan metode ceramah pada materi luas permukaan dan volume prisma dan limas. Hipotesis penelitian adalah Hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 8 Gorontalo dengan rancangan Postest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tekhnik Cluster Simple Random Sampling. Dari Hasil pengundian terpilih kelas VIII-6 sebagai kelas yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya dan kelas VIII-5 sebagai kelas yang dibelajarkan menggunakan metode ceramah. Hasil pengujian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode ceramah. Dengan kata lain metode pembelajaran tutor sebaya lebih unggul dari pada metode ceramah. Kata kunci : Metode Pembelajaran Tutor Sebaya, Luas Permukaan dan Volume Prisma dan Limas, Hasil Belajar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011