ESSAY

Writer / NIM
RAFIK HAKIM / 411410008
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Advisor 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstract
ABSTRAK Rafik Hakim. Hubungan Antara Gaya Belajar Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika (Suatu Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Kota Gorontalo). Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2015. Skripsi di bawah bimbingan. Pembimbing I Bapak Dr. Abdul Djabar Mohidin, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dan minat belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Gorontalo tahun ajaran 2014-2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII tahun ajaran 2014-2015 dengan jumlah populasi 206 siswa yang tersebar dalam 5 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah Simple random sampling. Jumlah sampel 67 siswa yang terdiri dari kelas VIII2 dan VIII4. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes. Angket untuk memperoleh data gaya belajar dan minat belajar, sedangkan tes untuk memperoleh data hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji analisis regresi dan korelasional. Data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah data gaya belajar, data minat belajar dan data hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Gorontalo. Dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,346 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,119, atau memiliki makna kontribusi gaya belajar atas hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika sebesar 11,9%. (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Gorontalo. Dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,317 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,10, atau memiliki makna kontribusi minat belajar atas hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika sebesar 10%. (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar dan minat belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Gorontalo. Dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,408 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,1661, atau memiliki makna kontribusi gaya belajar dan minat belajar secara bersama-sama atas hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika sebesar 16,61%. Kata Kunci : Gaya Belajar, Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011