ESSAY

Writer / NIM
AYU AMELIA DUNGGIO / 411410011
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Advisor 2 / NIDN
NANCY KATILI / 0030097902
Abstract
Ayu Amelia Dunggio : Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Volume dan Luas Permukaan Limas. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas tentang pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Berbasis Masalah dan yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi Volume dan Luas Permukaan Limas. Untuk memperoleh Hasil Belajar siswa dalam mengetahui Volume dan Luas Permukaan Limas digunakan instrument test. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kotamobagu T.P 2013/2014 yang berjumlah 111 orang dan tersebar kedalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Clustersimple random sampling. Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak. Kemudian, dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberi perlakuan. Berdasarkan hasil random, kelas VIIIc terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah sedangkan kelas VIIId sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah dengan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional padamateri Volume dan Luas Permukaan Limas. Langkah awal yang digunakan adalah dengan mengadakan uji coba terhadap instrumen, untuk mengetahui apakah instrumen tersebut dapat digunakan dalam pengambilan data pada penelitian ini, dengan menguji reliabilitas, validitas dan normalitas data. Pengujian normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors dengan taraf signifikan 0,05. Setelah pada uji coba terbukti berdistribusi normal maka dilanjutkan dengan pengumpulan data. Dari data yang ada, hasil pengujian menunjukkan bahwa L0< Ltabel , yang berarti data yang terkumpul berdistribusi normal. Setelah itu diadakan pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t dengan dk = (n1 + n2 - 2 ). Hasil penghitungan menunjukkan bahwa thitung> ttabel , yang berarti hipotesis penelitian yang diajukan tidak diterima atau ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. � Kata kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011