ESSAY

Writer / NIM
INTI POPIRTASARI LANUR / 411410015
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Advisor 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstract
Inti Popirtasari Lanur. 2014. Pengaruh model problem based Instruction Terhadap Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP Negeri 15 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Teddy Mahmud, M.Pd dan Pembimbing II Nursya Bito, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematik siswa yang di belajarkan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Instruction). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain desain penelitian posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Gorontalo yang terdiri dari 4 kelas. Dari populasi ini di ambil 2 kelas secara acak. Kemudian, dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen test kemampuan koneksi matematika siswa dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui tabel distribusi frekuensi dengan mempresentasikan rata-rata dan analisis inferensial dilakukan melalui uji-t dua sampel bebas untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif di peroleh bahwa nilai rata-rata siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi dibandingkan kemampuan koneksi matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Sedangkan berdasarkan analisis inferensial di peroleh bahwa nilai thitung lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis H0 di tolak. Dengan demikian dapat disimpilkan bahwa kemampuan koneksi matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematika, Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah dan Model Pembelajaran Langsung.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011