ESSAY

Writer / NIM
VIENA OCTAVIANA SURYANI / 411410019
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Advisor 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstract
ABSTRAK Viena Octaviana Suryani, 2014. Pengaruh Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Kartin Usman, M.Pd. Pembimbing II Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan scientific memiliki pengaruh yang positif terhadap kemampuan penalaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga pada pokok bahasan aritmatika sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP 1 Telaga tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 8 kelas. Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak. Kemudian, dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen tes penalaran matematika siswa dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui tabel distribusi frekuensi dengan mempersentasikan rata-rata dan analisis inferensial dilakukan melalui uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan statistic uji dan diperoleh nilai Lhitung
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011