Writer / NIM
						SISKA / 411410027
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
						Advisor 1 / NIDN
						Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
						Advisor 2 / NIDN
						NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
						Abstract
						ABSTRAK
Siska, 2014.Pengaruh Model Penemuan Terbimbing terhaap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Kubs dan Balok. SKRIPSI.JurusanPendidikanMatematika,FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam,UniversitasNegeriGorontalo.Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Evi Hulukati, M.Pd. Pembimbing II Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd.
Penelitianinibertujuanuntukmembandingkankemampuankomunikasi matematika siswa yang dibelajarkan dengan model penemuan terbimbing dengan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsungpadasub pokok materi kubus dan balok.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian preetest post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 1 Talaga Jaya tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 3 kelas. Dari populasiinidiambil 2 kelassecaraacak.Kemudian, dipilihlagisecaraacakuntukmenentukankelas yang akandiberikanperlakuan. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu dengan menggunakan test kemampuan komunikasi matematika dan analisis data yang digunakan adalah analisis kovarians (ANAKOVA).
Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh bahwa  nilai rata-rata siswa yang dibelajarkan dengan model penemuan terbiming lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Berdasarkan analisis inferensial (ANAKOVA) diperoleh bahwa kedua model regresi dari kelas eksperimen dan kelas kontrol sama dan sejajar, sehingga menunjukkan terdapat perbedaam kemampuan komunikasi matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dan kerana konstanta dari model regresi linier kelaseksperimen lebih besar dibandingkan dengan konstanta model regresi linier kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa yang dibelajarkan dengan model penemuan terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung.
Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematika, Model Penemuan Terbimbing dan Model Pembelajaran Langsung
						Download files