ESSAY

Writer / NIM
SISKA / 411410027
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Advisor 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstract
ABSTRAK Siska, 2014.Pengaruh Model Penemuan Terbimbing terhaap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Kubs dan Balok. SKRIPSI.JurusanPendidikanMatematika,FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam,UniversitasNegeriGorontalo.Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Evi Hulukati, M.Pd. Pembimbing II Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd. Penelitianinibertujuanuntukmembandingkankemampuankomunikasi matematika siswa yang dibelajarkan dengan model penemuan terbimbing dengan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsungpadasub pokok materi kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian preetest post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 1 Talaga Jaya tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 3 kelas. Dari populasiinidiambil 2 kelassecaraacak.Kemudian, dipilihlagisecaraacakuntukmenentukankelas yang akandiberikanperlakuan. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu dengan menggunakan test kemampuan komunikasi matematika dan analisis data yang digunakan adalah analisis kovarians (ANAKOVA). Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh bahwa nilai rata-rata siswa yang dibelajarkan dengan model penemuan terbiming lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Berdasarkan analisis inferensial (ANAKOVA) diperoleh bahwa kedua model regresi dari kelas eksperimen dan kelas kontrol sama dan sejajar, sehingga menunjukkan terdapat perbedaam kemampuan komunikasi matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dan kerana konstanta dari model regresi linier kelaseksperimen lebih besar dibandingkan dengan konstanta model regresi linier kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa yang dibelajarkan dengan model penemuan terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematika, Model Penemuan Terbimbing dan Model Pembelajaran Langsung
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011