ESSAY

Writer / NIM
YULIANTI S. GESA / 411410031
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Advisor 2 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Abstract
Gesa, Yulianti S, 2014. Pengaruh Model Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa . SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Evi Hulukati, M.Pd. Pembimbing II Drs.Abdul Wahab Abdullah,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajarkan melalui model penemuan terbimbing dengan siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran konvensional, serta pengaruh interaksi antara kedua model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada sub pokok materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Gorontalo, terdiri atas 33 siswa yang diberikan model penemuan terbimbing dan 33 siswa yang diberikan model pembelajaran konvensional dengan penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian terdiri atas : (1) tes untuk mengumpulkan data kemampuan komunikasi matematika siswa; (2) angket untuk mengumpulkan data motivasi belajar siswa. Analisis data menggunakan tehnik analisis varians (ANAVA) dua jalur yang dilanjutkan dengan uji Tuckey. Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut : (1) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang diajarkan melalui model penemuan terbimbing dan siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran konvensioanal, dimana kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajarkan melalui model penemuan terbimbing lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran konvensioanal; (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa; (3) untuk siswa yang cenderung memiliki motivasi belajar tinggi, terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang diajarkan melalui model penemuan terbimbing dengan siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran konvensional dimana kemampuan komunikasi matematika siswa yang mengikuti model penemuan terbimbing lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensioanl; (4) untuk siswa yang cenderung memiliki motivasi belajar rendah, tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang diajarkan melalui model penemuan terbimbing dengan siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran konvensioanal. Kata Kunci : Kemampuan komunikasi Matematika, Motivasi Belajar, Model Penemuan Terbimbing dan Model Pembelajaran konvensioanal
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011