ESSAY

Writer / NIM
RAHMAWATY ABAS / 411410038
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Advisor 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstract
DESKRIPSI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT Rahmawaty Abas Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNG ABSTRAK Rahmawaty Abas. 2014. Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Bangun Datar Segiempat. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Kemampuan komunikasi matematis adalah kesanggupan dalam menyatakan ide- ide matematis baik secara lisan maupun tertulis dan mampu mengimplementasikannya ke dalam bentuk grafik, tabel dan diagram serta mampu menggunakan istilah, simbol dan notasi matematika dalam rangka membangun pemahaman matematika dan memecahkan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bangun datar segiempat. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan komunikasi matematis siswa antara lain (1) kemampuan menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram kedalam ide matematika; (2) kemampuan menyatakan peristiwa sehari- hari dengan menggunakan istilah- istilah, notasi- notasi dan struktur- struktur matematis untuk menyajikan ide, menggambarkan hubungan- hubungan, dan membuat model matematika; (3) kemampuan menuliskan penjelasan dari jawaban permasalahannya secara matematik, masuk akal, dan jelas serta tersusun secara logis dan sistematis. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes tertulis, dan wawancara untuk memperdalam infomasi mengenai kemampuan komunikasi matematis siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 10 Gorontalo tahun akademik 2013/ 2014 yang telah selesai diajarkan materi bangun datar segiempat. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII pada materi bangun datar segiempat tergolong sedang. Kata Kunci : Kemampuan komunikasi matematis
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011