ESSAY

Writer / NIM
ELFIRA NADING / 411410048
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Advisor 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstract
ABSTRAK ElfiraNading, NIM. 411410048. "PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (SUATU PENELITIAN DI KELAS VIIIDI SMP NEGERI 1 TELAGA)". Skripsi.Gorontalo.Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Neger iGorontalo, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem posing dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 1 Telaga pada semester kedua untuk tahun pelajaran 2013/2014 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Tekhnik Cluster Simple Random Sampling. Dari sampel yang terpilih, satu kelas menjadi kelas eksperimen, yaitu kelas VIII5 yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem posing dan satu kelas sebagai kelas kontrol, yaitu kelas VIII7 yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional. Hipotesis penelitian adalah Hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem posing lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional. Pengukuran hasil belajar matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Sebelum melakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas data dan homogenitas varians. Hasil pengujian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan sampel berasal dari populasi yang homogen. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = (n1 + n2 - 2). Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa t hitung > tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem posing lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional. Kata kunci :Pendekatan Problem Posing, Hasi lBelajar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011