ESSAY

Writer / NIM
DEVILIATI OPALADU / 411410055
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs ABAS KALUKU, M.Si / 0014045708
Advisor 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstract
ABSTRAK Deviliati Opaladu. 4114 10 055. "Deskripsi Keterampilan Pengelolaan Kelas Dalam Proses Pembelajaran Matematika di SMP Se Kecamatan Tolinggula (studi deskriptif pada guru SMP Se Kecamatan Tolinggula)". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo tahun 2014. Pembimbing: (1) Drs. Abas KalukuM.Si; (II) Drs. Majid, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keterampilan pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran matematika di SMP Se Kecamatan Tolinggula. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru matematika dan pengawas mata pelajaran matematika SMP Kabupaten Gorontalo Utara. Prosedur pengumpulan data melalui observasi, angket dan dokumentasi. Observasi dilakukan di 6 SMP yang ada di kecamatan tolinggula, yaitu SMP Negeri 1 Tolinggula, SMP Negeri 3 Satap Tolinggula, SMP Negeri 4 Satap Tolinggula, SMP Negeri 6 Satap Tolinggula, SMP Negeri 7 Satap Tolinggula dan SMP Negeri 8 Satap Tolinggula. Dari hasil supervisi yang dilakukan oleh tiga orang pengamat sesusai dengan hasil pengamatan perangkat pembelajaran masing-masing memperoleh skor rata-rata 52.3, 51, 52.6, 46.3, 54 dan 52.6. Sedangkan berdasarkan hasil pengamatan proses pembelajaran masing-masing memperoleh skor rata-rata 102, 99.3, 101, 90.3, 104 dan 99.3. sedangkan berdasarkan angket diperoleh ada dua sekolah yang dikategorikan tinggi yang memiliki guru dengan keterampilan baik dalam mengelola kelas, yaitu SMP Negeri 4 Satap Tolinggula dan SMP Negeri 7 Satap Tolinggula dengan skor rata-rata 77 dan 77. Berdasarkan tujuan penelitian, hasil pembahasan dan temuan penelitian maka dapat penulis simpulkan bahwa keterampilan pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran matematika di SMP Se-Kecamatan Tolinggula dapat di katakana baik, dengan kata lain guru dalam bidang studi matematika di SMP Se-Kecamatan Tolinggula telah mampu mengelola kelas dalam proses pembelajaran sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif, menyenangkan dan siswa termotivasi untuk belajar. Kata kunci : keterampilan pegelolaan kelas, pembelajaran matematika
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011