ESSAY

Writer / NIM
HARYATI OCTAVIANI BEMPAH / 411410065
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Advisor 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstract
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATA KULIAH KALKULUS I MATERI LIMIT FUNGSI Haryati Octaviani Bempah Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNG ABSTRAK Haryati Octaviani Bempah. 2014. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Kalkulus I Materi Limit Fungsi. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting bagi peserta didik, khususnya mahasiswa agar dapat menghubungkan persoalan atau informasi yang diperolehnya melalui penyelidikan dan pengkajian secara sistematis sehingga menghasilkan ide atau solusi untuk pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan menganalisis atau menggambarkan kemampuan berpikir kritis matematika mahasiswa jurusan pendidikan matematika pada materi limit fungsi aljabar. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan berpikir kritis matematika mahasiswa antara lain kemampuan identifikasi masalah, analisis, sintesis, inferensi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes tertulis, dan wawancara untuk memperdalam infomasi mengenai kemampuan berpikir kritis matematika mahasiswa. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester II Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo tahun akademik 2014 yang telah selesai memprogramkan mata kuliah Kalkulus I pada semester ganjil tahun pada tahun ajaran 2013. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa kemampuan berpikir kritis matematika mahasiswa jurusan pendidikan matematika pada mata kuliah kalkulus I materi limit fungsi aljabar tergolong sedang. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kecermatan dalam mengabstraksi soal, penguasaan konsep-konsep limit fungsi aljabar dan materi prasyarat (kemampuan awal) serta penerapannya, kecenderungan mahasiswa dalam mengandalkan hafalan, dan motivasi. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis Matematika, kalkulus I, limit fungsi aljabar.  
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011