ESSAY

Writer / NIM
SANDI LASABUDA / 411410073
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Advisor 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan teknik korelasional. Berdasarkan jenisnya, ada dua variabel yang diteliti, yaitu kecerdasan emosional siswa sebagai variabel (X) dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebagai variabel (Y). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Limboto tahun ajaran 2014-2015 yang berjumlah 308 orang dan tersebar di 10 kelas. Adapun sampel yang digunakan sejumlah 20 orang siswa kelas X 7 TKJ, dimana pengundian sampel dilakukan secara acak pada 10 kelas. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah : (1) angket, yang digunakan untuk mengumpulkan data kecerdasan emosional siswa dan (2) tes, yang digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kedua instrument di atas telah diuji validitas dan reliabilitasnya melalui uji statistik. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi dan korelasi sederhana. Analisis ini dilakukan guna untuk menyelidiki hubungan antara kecerdasan emosional (X) siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (Y). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional siswa (X) dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (Y), yang ditunjukan oleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,673, dan pengaruh yang cukup berarti antara kecerdasan emosional siswa (X) dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (Y) yang ditunjukan oleh koefisien detreminan (r2) sebesar 0,4535 menunjukan 45,35 %, artinya 45,35 % kontribusi tingkat kecerdasan emosional siswa terhadap kemapuan pemecahan maslah matematis siswa melalui persamaan regresi (Y )=-35,599+1,28X. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional Siswa, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011