ESSAY

Writer / NIM
SRI APRILIA KARWUR / 411410081
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs. HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Advisor 2 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi Turunan Fungsi Trigonometri kelas XI Ipa2 SMA Negeri 1 Bolaang. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ipa2 yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving). Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan atau observasi dan pemberian tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 10 dari 28 siswa (35,8%) yang dikenai tindakan memperoleh nilai diatas 65. Persentase keberhasilan siswa pada siklus I belum mencapai indikator yang ditetapkan, untuk itu perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Belum tercapainya indikator, disebabkan persentase kegiatan guru mencapai 69,22%, kegiatan siswa 65,92% dan penilaian penguasaan konsep matematika siswa 64,3% pada kategori cukup. Berdasarkan hasil tersebut yang belum mencapai indikator pada siklus I maka dilaksanakan perbaikan pada siklus II. Hasil tindakan pada siklus II menunjukan bahwa 28 dari 28 siswa (100%) yang dikenai tindakan memperoleh nilai diatas 65. Persentase kegiatan guru mencapai 89,38%, kegiatan siswa 93,03%, dan penilaian penguasaan konsep matematika siswa 85,7%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa "Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi turunan fungsi trigonometri siswa kelas XI Ipa2 SMA Negeri 1 Bolaang". Kata kunci : Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving), Penguasaan Konsep Matematis Siswa, Turunan Fungsi Trigonometri.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011