ESSAY

Writer / NIM
NOSVA ADAM YUNUS / 411410083
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs. HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Advisor 2 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Abstract
Nosva Adam Yunus, NIM. 411410083. "Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Telaga Pada Materi Peluang". SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi dari kemampuan penalaran matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung, pada materi peluang. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMA Negeri 1 Telaga pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Telaga. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Pengukuran kemampuan penalaran matematis dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan penalaran berbentuk tes uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran kontekstual lebih baik dari pembelajaran langsung, ini dapat dilihat pada perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata kemampuan penalaran matematis pada kelas eksperimen ( ) = 62,9 dan kelas kontrol () = 1,357. Hal ini juga dapat dibuktikan melalui test dengan taraf nyata 0,05 dan dk = 55 menunjukkan t > ttabel. Diperoleh thitung= 2,596 untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 1,6725, t berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan H diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan penalaran antara kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Kata Kunci : Pendekatan Kontektual, Kemampuan Penalaran, dan Peluang
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011