ESSAY

Writer / NIM
IRPAN MOO / 411410091
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Advisor 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstract
ABSTRAK IRPAN MOO. 2015. PengaruhMetodeInkuiri TerhadapHasilBelajarMatematikaDi SMPN 8 Gorontalo.Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,UniversitasNegeriGorontalo. PembimbingI Prof. Dr. Nurhayati Abbas M.Pd dan Pembimbing IIDrs. Yamin Ismail, M.Pd Penelitian ini bertujuan untukmengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswapadapelajaranmatematika yang dibelajarkandenganmetode inkuiridanmetode konvensional, Metodepenelitian yang digunakan adalah metode eksperimendengandesainpenelitianPosttest Only Control Gorup Design.PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIII SMPNegeri8 Gorontao TahunPelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 177 siswa dan Sampelpenelitiandiambildari 2 kelascaratehniksimple random sampling.Diperoleh kelas VIII-1 sebagai kelas yang dibelajarkan dengan metode inkuiri dan VIII-2 kelas yang dibelajarkan dengan metode konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essay terdiri dari 10 butir soal. Instrumeninitelahmemenuhisyaratvaliditasbutirdanreliabilitasinstrumen.Analisis data untukmengujihipotesispenelitian dilakukanmenggunakanuji t dua sampel bebas (independen t-test).Hasilanalisis data diperolehbahwa hasilbelajarsiswapada materi gradien dan persamaan garis lurus yang dibelajarkandenganmenggunakan metode Inkuirilebih tinggi dari pada metode konvensional. Temuan ini menunjukan bahwa penggunaan metode inkuiri lebih unggul dalam mengajarkan materi gradien dan persamaan garis lurus.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011