ESSAY

Writer / NIM
SISKAWATI MAGA / 411410098
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs ABAS KALUKU, M.Si / 0014045708
Advisor 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstract
ABSTRAK SISKAWATI MAGA. 2015: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (Studi eksperimen di SMA Negeri 4 Gorontalo Utara). Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Drs. Abas Kaluku, M. Si; (2) Drs. Majid, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas tentang pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dalam meningkatkan hasil belajar Matematika khususnya materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel siswa kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo Utara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo Utara, yang tersebar diempat kelas dengan jumlah total 130 orang. Dari semua kelas yang ada diambil dua kelas secara Cluster Simple Random Sampling sebagai kelas eksperimen yaitu kelas X IIS-3 dan Kelas X IIS-1 sebagai kelas kontrol. Hipotesis penelitian ini adalah Terdapat perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan model pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar siswa Matematika khususnya materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions unggul dalam mengajarkan materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Kata Kunci : Student Teams Achievement Divisions, Matematika, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011