ESSAY

Writer / NIM
SRIOLIN INGGIRINA / 411410099
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs. HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Advisor 2 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Abstract
Sri Olin Inggirina, NIM. 411410099. "Pengaruh Model Kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar pada materi program linier".(Suatu penelitian di SMK Tirtayasa Kota Gorontalo). SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan program linier. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMK Tirtayasa pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Tirtayasa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Dari sampel yang terpilih, Kelas X TKJ menjadi kelas eksperimen, yaitu kelas yang diberikan pembeljaran dengan menggunakan model Snowball Throwing dan kelas X TKR sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran langsung. Hipotesis penelitian adalah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Snowbal l Throwing terhadap hasil belajar siswa matematika siswa ". Hal ditunjukan dengan hasil rata-rata yang diperoleh siswa yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing lebih tinggi yaitu ((X_1 ) ) = 69,14 sedangkan rata-rata untuk yang menggunakan model pembelajaran langsung yaitu ((X_2 ) ) = 56,76. Hal ini dibuktikan melalui perhitungan menggunakan uji-t dengan taraf = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu thitung = 1,9 > ttabel = 1,67. Hai ini menunjuukan bahwa thitung berada di luar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan hasil belajar matematika siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci : Model Snowball Throwing , Hasil Belajar, Program Linier
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011