ESSAY

Writer / NIM
TRISKE VIVIANITA LAPARAGA / 411410101
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Advisor 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstract
Triske Vivianita Laparaga, 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Ali Kaku, M.Pd dan Pembimbing II Nurwan, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Gorontalo. Desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Group Design dan teknik pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Data yang digunakan adalah data kemampuan penalaran matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok, yang diperoleh dari instrumen tes kemampuan penalaran matematika siswa dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Dalam penelitian ini pengujian hipotesis penelitian menggunakan statistik uji-t dua sampel bebas (independent t-test). Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari kemampuan penalaran matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Penalaran Matematika, kubus dan balok
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011