ESSAY

Writer / NIM
RAY OLIVERA MOKOBELA / 411411010
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Advisor 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstract
ABSTRAK Ray Olivera Mokobela. Nim 411411010. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Suatu Penelitian Kelas VII-7 SMP Negeri 1 Telaga). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo. 2017. Pembimbing : (1) Dr. Tedy Machmud, M.pd (2) Nursiya Bito, S.pd, M.pd Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bilangan bulat melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMP Negeri 1 Telaga. Hasil tes awal untuk hasil belajar matematika siswa kelas VII-7 rata-rata untuk tiap indicator tergolong rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan siklus I hasil observasi kegiatan guru pertemuan ke-1 setelah dipersentasekan keseluruhan aspek mencapai 73,53%. Sedangkan pada pertemuan ke-2 setelah dipersentasekan keseluruhan aspek mencapai76,47%, observasi aktivitas siswa pertemuan ke-1 setelah dipersentasekan keseluruhan aspek mencapai 72,73%. Sedangkan pada pertemuan ke-2 setelah dipersentasekan keseluruhan aspek mencapai79,55% sedangkan hasil belajar matematika mencapai 64%. Dengan demikian hal ini menunjukkan bahwa siklus I belum mencapai indicator keberhaasilan sehingga perlu dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil observasi kegiatan guru mencapai 85,29%, semua aspek mencapai kriteria minimal baik, dan observasi aktivtas siswa mencapai 86,36% sedangkan hasil belajar matematika mencapai 84%. Hal ini menunjukkan bahwa siklus II telah mencapai indicator keberhasilan yang telah ditentukan. Berdasarkan uraian di atas , maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas VII SMP Negeri 1 Telaga. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tpe STAD, Bilangan Bulat
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011