ESSAY

Writer / NIM
SRI RAHAYU MOHAMAD / 411411011
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Advisor 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika model penemuan terbimbing di SMP kelas VIII pada materi kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan perangkat pembelajaran dengan model penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika untuk sub materi kubus dan balok. Penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan deskriptif dan mengacu pada model pengembangan 4-D (four D models), yang meliputi 4 tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (desseminate). Penelitian ini dimodifikasi dari model pengembangan 4-D dan batasi sampai pada tahap pengembangan (develop). Dalam proses pengembangannya, penelitian ini melibatkan ahli sebagai validator perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII-4 di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa validator ahli menyatakan perangkat pembelajaran penemuan terbimbing adalah valid dan lebih dari 90% peserta didik merespon positif. Ini menunjukkan perangkat pembelajaran matematika model penemuan terbimbing sudah baik dan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran matematika di kelas VIII SMP. Kata Kunci: Pengembangan perangkat pembelajaran.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011