ESSAY

Writer / NIM
AJENG NILASARI SUBIANTORO / 411411015
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Advisor 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pendidikan karakter dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini merupakan penelitian jenis survey yang menggunakan teknik korelasional. Dalam penelitian ini ada dua variabel yang diteliti yaitu pendidikan karakter (X) dan kecerdasan emosional (Y). Adapun Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga yang tersebar di delapan kelas, dengan sampel sebanyak 30 orang siswa (Siswa Kelas VII-3) dimana pengambilan sampel dilakukan pengundian pada 8 kelas tersebut. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri atas : (1) angket untuk mengumpulkan data kecerdasan emosional siswa, (2) lembar penilaian pendidikan karakter. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi korleasi sederhana. Analisis ini digunakan untuk menyelidiki seberapa besar peranan pendidikan karakter (X) dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa (Y). Dari hasil Penelitian diperoleh bahwa pendidikan karakter berkontribusi cukup terhadap peningkatan kecerdasan emosional siswa, yang ditunjukkan dengan nilai (r_xy) sebesar 0,49 serta nilai koefisien determinasinya (r_xy)^2 sebesar 0,2401 atau 24,01% . Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Kecerdasan Emosional
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011