Writer / NIM
VANELLA EKAPUTRI TUIYO / 411411023
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs ABAS KALUKU, M.Si / 0014045708
Advisor 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal operasi aritmatika pada pecahan yang diukur melalau indikator kesalahan matematika siswa yaitu kesalahan konsep, kesalahan tanda/notasi, dan kesalahan operasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mananggu. Sebagai sumber data adalah siswa kelas VII-4. Dari sumber data tersebut dipilih 6 siswa sebagai informan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa persentase kesalahan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mananggu pada meteri pecahan menurut indikator kesalahan matematika, yaitu: (1) Indikator kesalahan konsep sebesar 54,29%, (2) Indikator kesalahan tanda/notasi sebesar 40,48%, (3) Indikator kesalahan sebesar 41,43%. Dengan demiikian dapat diketahui secara jelas bahwa masih banyak siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mananggu melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal operasi aritmatika pada pecahan terutama kesalahan konsep. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa pada konsep operasi aritmatika pada pecahan.
Kata kunci: kesalahan matematika siswa, operasi aritmatika, pecahan
Download files