ESSAY

Writer / NIM
SRI NOVITA PADUNGO / 411411024
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs ABAS KALUKU, M.Si / 0014045708
Advisor 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstract
ABSTRAK SRI NOVITA PADUNGO. NIM: 411411024. Membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan Model pembelajaran penemuan terbimbing dengan Model pembelajaran langsung. ( Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Pinogaluman. SKRIPSI. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs Abas Kaluku M.Si dan Pembimbing II Nurwan S.Pd, M.Si 2015. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing dengan model pembelajaran langsung dalam hal ini dengan menggunakan instrument test. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang populasinya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pinogaluman. 2014-2015. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan tehnik kluster random sampling atau pengambilan sampel yang dilakukan secara acak. Pada kluster yang ada sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian, maka yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIA sebagai kelas ekperimen dan siswa kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Penelitian menggunakan desain tipe Posttest Only Control Group Design. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung pada materi perbandingan. Data yang diperoleh dari penelitin ini hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran langsung pada materi perbandingan". Dengan demikian penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung untuk belajar mengajar didalam kelas. Kata kunci : Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar Siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011