Writer / NIM
INGKA REVIANA AHMAD / 411411026
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Advisor 2 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsi kemampuan berpikir kritis matematika mahasiswa jurusan pendidikan matematika pada materi pertidaksamaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester II Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo tahun akademik 2015 yang telah memprogramkan mata kuliah Kalkulus I pada semester I tahun akademik 2014. Untuk melihat kemampuan mahasiswa dalam materi pertidaksamaan yang ditunjukkan dengan: (1) kemampuan identifikasi masalah, (2) kemampuan analisis, (3) kemampuan sintesis, dan (4) kemampuan inferensi. Kemampuan berpikir kritis matematika mahasiswa diklasifikasikan dengan tiga predikat, untuk subjek dengan predikat tinggi memiliki kemampuan dalam menyelesaikan soal dengan baik dan memenuhi semua indikator, untuk subjek dengan predikat sedang pada soal tertentu belum mampu memenuhi seluruh indikator, dan subjek dengan predikat rendah tidak mampu mengidentifikasi dan memahami sebagian besar soal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematika mahasiswa jurusan pendidikan matematika masih dikategorikan sedang.
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir, Berpikir Kritis, Kemampuan Berpikir Kritis
Download files