ESSAY

Writer / NIM
NURHAYATI LAKARE / 411411032
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Advisor 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Tapa pada materi lingkaran dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Instruction). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Tapa, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan atau observasi, dan pemberian tes pada setiap akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 4 dari 18 siswa (22,22%) yang dikenai tindakan memperoleh nilai di atas 60. Persentase keberhasilan siswa pada siklus I ini belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, untuk itu perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Belum tercapainya indikator kinerja pada siklus satu, disebabkan presentase kegiatan guru mencapai 76,59% dan kegiatan siswa hanya mencapai 69,23% pada kategori baik dan sangat baik. Berdasarkan hasil yang belum mencapai indikator kinerja pada siklus I maka dilaksanakan perbaikan strategi pembelajaran pada siklus II. Hasil tindakan pada siklus II menunjukan bahwa 9 dari 15 siswa (60%) yang mengikuti tes siklus II, memperoleh nilai di atas 60. Hal ini disebabkan persentase kegiatan guru mencapai 92,44% dan kegiatan siswa mencapai 94,54% pada kategori baik dan sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa "jika model pembelajaran berdasarkan masalah ( Problem Based Instruction) diterapkan pada pembelajaran materi lingkaran , maka kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII-3 SMP Negeri I Tapa tahun 2014/1015 dapat meningkat". Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Problem Based Instruction
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011