ESSAY

Writer / NIM
MEGA SUKMAWATI YANTU / 411411045
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Advisor 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan konsep yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi pecahan. Adapun indikator yang digunakan untuk melihat kesalahan konsep yaitu (1) menjumlahkan atau mengurangkan pembilang dengan pembilang, (2) menyamakan penyebut dengan menggunakan KPK, (3) mengalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut, (4) mengubah pembagian menjadi perkalian. Berdasarkan hasil tes siswa dibagi menjadi 3 kelompok yaitu, kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Siswa yang termasuk dalam kelompok tinggi sebanyak 25%, siswa yang termasuk kelompok sedang sebanyak 50%, dan siswa yang termasuk kelompok rendah sebanyak 25%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa masih banyak siswa-siswa yang belum paham betul konsep-konsep untuk menyelesaikan soal-soal pecahan biasa. Sehingga akibatnya siswa-siswa ini melakukan kesalahan-kesalahan konsep. Kata kunci : Konsep, Kesalahan Konsep.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011