ESSAY

Writer / NIM
NURMALA KALAHA / 411411048
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Advisor 2 / NIDN
Drs YUS IRYANTO ABAS, M.Pd / 0015066204
Abstract
ABSTRAK NURMALA KALAHA. 2015 "Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Materi Kubus dan Balok". (Suatu Penelitian Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tapa T.P 2014-2015) SKRIPSI. JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO. PEMBIMBING I Drs. Sumarno Ismail M.Pd dan PEMBIMBING II Drs. Yus Iryanto Abas, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menyatakan gambaran tentang pengaruh hasil belajar siswa yang dilihat melalui kemampuan koneksi matematis siswa pada materi Kubus dan Balok. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan Posttes-Only control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri I Tapa T.P 2014-2015. Pengambilan sampel dilakukan secara Multi Stace Simple Random Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data hasil belajar siswa diukur melalui kemampuan koneksi matematis siswa pada materi Kubus dan Balok. Data ini dikumpul dengan menggunakan Instrumen tes kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Analisis data untuk meguji hipotesis dilakukan menggunakan Uji t. Hasil pengujian menunjukan bahwa hasil kemampuan koneksi matematis siswa yang diberikan model pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi dari hasil kemampuan koneksi matematis siswa yang diberikan pembelajaran konvensional. Perbedaan tingginya hasil kemampuan koneksi matematis siswa ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diberikan model pembelajaran berdasarkan masalah dengan skor 79.28 dan yang diberikan pembelajaran konvensional dengan skor 71.69. Kata Kunci : Koneksi Matematis, Pembelajaran Berbasis Masalah
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011