ESSAY

Writer / NIM
SOPYAN HAMZAH / 411411054
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs ABAS KALUKU, M.Si / 0014045708
Advisor 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstract
Tujuan dari peneliltian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan koneksi matematik siswa yang dibelajarkan menggunakan model Pembelajaran Berpusat Masalah (Problem Centered Learning) lebih tinggi dari pada kemampuan koneksi matematik siswa yang dibelajarkan dengan model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction).Penelitian ini merupakan suatu kajian studi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP N 1 Tibawa yang tersebar di kelas dengan jumlah rata-rata siswa setiap kelas terdiri atas 26-29 orang. Total populasi berjumlah 219 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dari 8 kelas diambil secara acak 2 kelas, yang akan dijadikan sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berpusat pada masalah (eksperimen) dan kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung (kontrol). Berdasarkan hasil pengacakan diperoleh kelas VIII-2 diajarkan dengan model pembelajaran berpusat pada masalah (kelas eksperimen) dan kelas VIII-3 diajarkan dengan model pembelajaran langsung (kelas kontrol). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa kemampuan koneksi siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Centered Learning lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan koneksi siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Kata Kunci : Problem Centered Learning, Koneksi Matematika
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011